Soal Dualisme Kepengurusan Karang Taruna, Andi Ina Siap Berhadapan Jalur Hukum

Ketua Karang Taruna Sulsel Andi Ina Kartika Sari.

Ketua Karang Taruna Sulsel Andi Ina Kartika Sari.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Ketua Karang Taruna Sulawesi Selatan, Andi Ina Kartika Sari menegaskan kepengurusan karang taruna dibawah kepemimpinannya adalah sah. Pasalnya, semua aturan mekanisme sebagaimana yang diatur telah dijalankan. Selain itu, pengurus pusat telah mengetahuinya.

“Jelas ada dokumen datanya bahwa telah dilakukan persyaratan, tetapi pada akhirnya ya ternyata pusat ini tidak menghadiri pada saat itu. Kemudian menganggap bahwa saya tidak dapat terpilih secara tidak sah,” ujar Andi Ina kepada awak media di DPRD Sulsel, Selasa 16 November 2021.

Meski demikian kata dia, proses pemilihan ketua karang taruna pada saat Temu Karya Daerah (TKD) tetap dikembalikan kepada pemilik suara sah.

Hal tersebut merujuk pada aturan Menteri Sosial (Mensos) dan kemudian melihat bagimana keterpilihan dirinya, karena 24 kabupaten kota itu hadir secara langsung memberikan dukungan.

“Jadi, 24 kabupaten/kota pemegang suara itu hadir secara langsung pada saat TKD ke- VIII dilaksanakan dan kemudian akhirnya saya terpilih secara aklamasi dan kemudian juga pemerintah pun hadir pada saat itu,” kata politisi dari Partai Golkar ini.

“Bahkan saya siap berhadapan di jalur hukum bila terjadi dualisme kepengurusan,”dia menambahkan.

Ketua DPRD Sulsel ini mengungkapkan karang taruna adalah organisasi sosial yang berafiliasi dengan pemerintah. Sehingga itu itu menjadi alasan kenapa dirinya mau menerima jabatan tersebut.

“Saya yakin kan itu berjalan dan kemudian ternyata di belakang hari ada hal bahwa ada pengakuan dari Pimpinan Nasional Karang Taruna (PNKT) pusat bahwa saya tidak bisa,” jelas Andi Ina.

Ia menjelaskan, tujuannya ingin memimpin organisasi sosial karang taruna ini tidak lain karena jabatannya sebagai Ketua DPRD Sulsel yang tentu karang taruna juga adalah organisasi sosial yang berafiliasi dengan pemerintah.

“Ditangan saya juga dong ada keputusan-keputusan anggaran yang kemudian insyaallah bisa berakibat positif ke karang taruna,”ucapnya.