Capaian Vaksinasi di Sulsel: Kota Palopo Peringkat Pertama

Kapolres Palopo AKBP Muh Yusuf Usman mendampingi Wali Kota Palopo M Judas Amir menghadiri Rakor Forkopimda se-Sulsel secara virtual yang dipimpin Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Kamis (13/1/2022). (foto: ist)

PALOPO, DJOURNALIST.com – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dalam mempercepat cakupan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Sulsel.

Sampai saat ini, Kota Palopo menjadi daerah peringkat pertama dalam cakupan pencapain vaksinasi di Sulsel yang mencapai 88 persen.

“Salut atas usaha kinerja dan terima kasih kepada Kapolres Palopo dan Forkopimda dalam pencapaian percepatan vaksinasi di Kota Palopo sebagai peringkat 1 (pertama) pencapaian vaksinasi hingga mencapai angka 88 persen,” ujar Andi Sudirman Sulaiman, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel yang memimpin kegiatan Zoom meeting, Kamis (13/1/2022).

Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 pencapaian 100 persen melalui media virtual apliksi Zoom meeting dilaksanakan di Lantai III Ruang Kerja Kantor Wali Kota Palopo.

Rakor pencapaian 100 persen vaksinasi Covid-19 secara virtual melalui aplikasi Zoom meeting diikuti seluruh Kabupaten/Kota se-Sulsel dan dipimpin langsung Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, yang didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sujana, serta Forkopimda Provinsi Sulsel, pejabat teras Polda Sulsel dan Kepala Organisasi Perangkat (OPD) Provinsi Sulsel terkait.

Rapat koordinasi secara virtual ini, merupakan upaya Pemprov Sulsel dalam mengambil langkah-langkah untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 pencapaian 100 persen di seluruh wilayah guna membentuk kekebalan kelompok (herd immunity), sehingga memberikan proteksi kepada masyarakat dari virus Covid-19.

Hadir dalam kegiatan Zoom meeting, Yaitu Wali Kota Palopo M Judas Amir, Kapolres Palopo AKBP Muh Yusuf Usman, Ketua DPRD Kota Palopo Nurhaenih, Kasdim 1403 Palopo Mayor Kav Suparman, Sekda Kota Palopo Firmansyah, Kabag Ops Polres Palopo Kompol Hajeri, Kasat Intelkam Polres Palopo AKP Petrus Sandale, Kepala Dinas Kota Palopo M Taufiq, dan Kasi PB3R Kejari Palopo St Nurdaliah.

Andi Sudirman mengatakan, untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini tetap berlangsung.

Ia pun mengimbau agar memperhatikan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, termasuk memperhatikan protokol kesehatan di lingkungan sekolah, baik guru maupun pelajar.

“Harus disiplin akan pentingnya protokol kesehatan,” ujarnya.

Plt Gubernur Sulsel menyebutkan, masih ada beberapa kabupaten/kota di Sulsel yang capaian vaksinasinya masih di bawah 70 persen, Sulsel sendiri capai 86 persen angka vaksinasi, namun masih ada beberapa kabupaten/kota yang masih di bawah 70 persen.

“Ini kita imbau dan dorong agar vaksinasi untuk pelajar serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di Sulsel terus digenjot, untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok),” tuturnya. (***)