Empat Unit Mobil Internet di Pangkep Tak Beroperasi

Mobil infokom Pangkep yang tak beroperasi.

Mobil infokom Pangkep yang tak beroperasi.

PANGKEP, DJOURNALIST.com – Ada empat unit kendaraan mobil Program Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) milik Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabuoateb Pangkep, tak dioperasikan lagi sesuai dengan peruntukannya.

Sepanjang hari, empat unit kendaraan MPLIK ini hanya terpajang di halaman parkir Kantor Pemerintahan Daerah Kabuoaten Pangkep, bahkan beberapa di antara kendaraan tersebut terlihat rusak lantaran tidak terawat.

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Hubungan Media dan Layanan Dinas Kominfo Pangkep, Idham Latief menyebutkan, tidak beroperasinya kendaraan MPLIK tersebut karena koneksi internet telah dinonaktifkan oleh pihak Kementerian Kominfo.

“Persoalan jarang digunakan saat ini karena koneksi internetnya sudah di putus sama kementerian, dalam hal ini persoalan Kementerian Komunikasi dan Informasi dengan Pihak PT Telkom Rahayu, PT PINS. Dan sementara saat ini berproses di Badan Arbitrase Nasional (BAN),”kata Idham, 31 januari 2018.

Hingga saat ini lanjut Idham, pihaknya masih menunggu proses hukum yang sementara berjalan dan apabila pihak kementerian informasi dan komunikasi memenangkan, maka tentunya Kendaraan MPLIK ini akan kembali dioperasikan sesuai peruntukannya seperti diawal pengoperasian.

“Kami masih menunggu proses hukum yang sementara berjalan, tentunya jika pihak kemenkominfo memenangkan, maka tentunya MPLIK ini akan beroperasi kembali,” tambah Idham.

Diketahui dalam setiap Unit Kendaraan Program Layanan Internet kecamatan (MPLIK) ini, di lengkapi 6 unit komputer laptop, 1 Monitor Televisi, Alat perekam video dan tentunya Akses internet menggunakan Koneksi Via Very Small Aperture Terminal (VSAT), yang berfungsi menerima dan mengirimkan data ke satelit. (**)