Rangga Prihatin Masih Banyak Anak Belum Mengeyam Pendidikan Sekolah

Anggota DPRD Sulsel Fachruddin Rangga saat melakukan sosialisasi Perda nomor 2 Tahun 2017 tentang Wajib Belajar Pendidikan Menengah

Anggota DPRD Sulsel Fachruddin Rangga saat melakukan sosialisasi Perda nomor 2 Tahun 2017 tentang Wajib Belajar Pendidikan Menengah.

TAKALAR,DJOURNALIST.com  –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan Fachruddin Rangga mengaku prihatin terhadap masih banyak anak yang belum mengeyam pendidikan sekolah. Padahal pemerintah telah memiliki program pendidikan gratis.

“Inilah perlunya sosialisasi Perda nomor 2 Tahun 2017 tentang Wajib Belajar Pendidikan Menengah karena ternyata masih banyak anak yang belum mengetahui bahwa pemerintah memiliki program pendidikan gratis,”ujar Rangga saat melakukan sosialisasi di Desa Parangbaddo, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Jumat 30 Maret 2018.

Politisi dari Partai Golkar itu menjelaskan, bahwa yang melatar belakangi perda ini diinisiasi oleh DPRD karena dari adanya kondisi di beberapa daerah yang tidak menyekolahkan anak nya pada tingkat SMA/SMK karena ketidakmampuan menyiapkan kebutuhan dasar seperti pakaian seragam dan kebutuhan lainnya.

“Sehingga kami berpikir bahwa kebutuhan dasar dalam mengenyam pendidikan menengah tidak boleh menjadi penghambat untuk memperoleh ilmu sampai pada tingkat menengah apalagi saat ini pemerintah sudah menggratiskan pendidikan,”katanya.

Dr Nawir Rahman sebagai narasumber dalam kegiatan itu menuturkan, pendidikan menengah ini sudah wajib diperoleh semua lapisan masyarakat.

“Sehingga kalau kendala nya hanya pada persoalan kebutuhan dasar seperti seragam sekolah, tas, dan sepatu tentu pemerintah harus mengambil peran menutupi ketidakmampuan kelompok masyarakat karena memang kewajiban pemerintah menyediakan pendidikan dasar dan menengah sesuai kemampuan keuangan daerah,”ucapnya. (**)