Banyak Anggota Dewan Tak Hadiri Rapat Paripurna Pengumuman Penatapan Gubernur Terpilih

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  Rapat paripurna istimewa dengan agenda pengumuman Gubernur dan Wakil Gubermur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) di Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sulawesi Selatan, Selasa 31 Juli 2018 minim dihadiri anggota dewan .

Pantuan Djournalist.com, dari 85 anggota DPRD Sulawesi Selatan, sekitar 20 kursi kosong.  Padahal rapat ini dihadiri langsung Pjs Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono dan Wakil Gubernur terpilih Andi Sudirman Sulaiman.

Sekretaris DPRD Sulawesi Selatan Muh Jabir tidak menampik bahwa banyak anggota dewan tak hadir dalam rapat tersebut. Tapi itu tidak masalah. Karena rapat ini tidak membahas suatu keputusan tapi hanya rapat pengumuman.

“Ini bukan rapat pengambilan keputusan. Sehingga tidak perlu kourum. Apalagi ada beberapa komisi A (Pemerintahan) melakukan kunjungan kerja,”ujar Jabir.

Jabir menambahkan, jumlah anggota dewan yang hadir sebanyak 50 orang.

Ketua DPRD Sulawesi Selatan Mohammad Roem mengatakan,  rapat paripurna ini perlu dilakukan. Karena DPRD punya waktu selama lima hari untuk menyampaikan ke presiden melalui kemendagri. Sebab pasangan ini dijadwalkan dilantik tanggal 17 September 2018 mendatang.

“Rapat ini tindaklanjut dari surat KPU Sulsel setelah mereka ditetapkan pada tanggal 27 Juli lalu. DPRD punya kewenangan melakukan pengumuman dalam rapat paripurna istimewa,”katanya.(**)