Dewan Sayangkan Puskesmas Tak Punya Lahan Parkir Layak

Ketua Komisi C DPRD Makassar, Rahman Pina

Ketua Komisi C DPRD Makassar, Rahman Pina

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Anggota DPRD Kota Makassar menyayangkan beberapa pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang tidak menyediakan lahan parkir yang memadai. Hal ini terungkap dalam Rapat Panitia Khusus (Pansus) terkait Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2017 di Ruang Rapat Badan Anggaran (Bangar) DPRD Kota Makassar.

Dalam rapat, Rahman Pina menjelaskan pelayanan kesehatan di Kota Makassar ini sudah cukup baik. Namun, pembangunan sejumlah puskesmas tidak disertai lahan parkir yang memadai untuk pengunjung puskesmas. Sehingga, ia berharap pada penganggaran selanjutnya pihak puskesmas dapat menjadikan lahan parkir sebagai pilot projectnya.

“Hanya saja ada yang belum berubah, itu adalah tempat parkir dan taman yang belum teratur. Mudah-mudahan ini bisa jadi pilot project dari pembangunan puskesmas,” kata legislator Partai Golkar ini, Selasa 31 Juli 2018.

Ketua Komisi C DPRD Kota Makassar ini menambahkan harusnya pihak Pemerintah Kota Makassar harus memikirkan persoalan parkir tersebut. Apalagi, sesuai data yang dimiliki saat ini pelayanan kesehatan saat ini cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Pihaknya bahkan memuji beberapa inovasi yang dilakukan oleh pihak puskesmas untuk meningkatkan pelayanan, seperti ruang bermain anak dan ruang menyusui.

“Dulu, puskesmas itu tidak ada bedanya dengan puskesmas yang ada di daerah. Dan kalau kita bandingkan dengan sekarang, jauh lebih baik, karena kita punya kebanggaan dari perubahan puskesmas yang ada sekarang,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes), Kota Makassar, Tasmin mengungkapkan, pihaknya terus melakukan perbaikan, termasuk juga upaya perbaikan lahan parkir. Beberapa upaya yang dilakukan itu dapat dilihat dengan semakin membaiknya lahan kesehatan.

Sesuai dengan data yang dimiliki, pelayanan kesehatan langsung ke rumah warga (Homecare) mencapai 7.366 jiwa atau meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 4.685 jiwa. Kemudian, Tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan puskesmas sebesar 81.77% (predikat Sangat Baik), atau meningkat dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 81,71%.

“Jumlah pasien rujukan yang terlayani pada RSUD Makassar sebanyak 44.294 pasien dari keseluruhan 44.-440 pasien atau sebesar 99,67%, sementara sakit lain tara 146 pasien dirujuk ke rumah sakit lain,” ungkapnya.

“Sejumlah indikator yang kami sampaikan tadi memberikan gambaran bahwa pelayanan kesehatan telah berlangsung semakin baik dari tahun ke tahun,”katanya, (**)