Soni Sumarsono: Dua Hari Ini Rancangan KUA-PPAS Diserahkan ke DPRD Sulsel

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel Soni Sumarsono

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel Soni Sumarsono.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pejabat sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono berjanji dalam waktu dekat pihaknya menyerahkan
persetujuan bersama rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2019 Sulsel ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan.

“Dua hari ini kami akan serahkan,”ujar Soni melalui pesan whatsApp, Jumat malam 3 Agustus 2018.

Menurutnya, persetujuan bersama rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2019 Sulsel sudah diserahkan ke DPRD Sulawesi Selatan tetapi dikembalikan. Alasannya untuk dapat menampung visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman.

“Sekarang dikejar dan lembur 24 jam,”katanya.

Sehari sebelumnya, Ketua Badan Anggaran DPRD Sulawesi Selatan Fachruddin Rangga mengatakan Persetujuan bersama rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2019 Sulsel terancam molor.

Hal ini dikarenakan, perbaikan rancangan KUA-PPAS belum juga diserahkan Pemprov Sulsel ke DPRD. Rancangan tersebut penting, untuk penyusunan Peraturan Daerah (Perda) anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) APBD Sulsel 2019.

” Sampai hari ini belum dikembalikan ke kami. Hal itu perlu untuk membahas APBD 2019. Termasuk anggaran Pilgub 2018,”ujar Rangga diruang Komisi A (Pemerintahan) DPRD Sulawesi Selatan, Kamis 2 Agustus 2018 kemarin.

Padahal kata dia, dalam Permendagri 38 tahun 2018 disebutkan, persetujuan bersama KUA PPAS antara eksekutif dan legislatif, mesti dilakukan pada minggu pertama bulan Agustus tahun 2018.(**)