Ruang Kendali Darurat Luwu Utara Jadi Magnet Daerah Lain

MASAMBA, DJOURNALIST.com – Keberadaan ruang kendali darurat yang lebih dikenal dengan sebutan Command Center, menjadi kebutuhan paling cerdas bagi sebuah daerah, karena bisa menjadi mata dan telinga bagi pemerintah dalam mengatasi persoalan dengan cepat dan terukur. Nah, Pemda Luwu Utara kini memiliki ruang Command Center sendiri, yang dalam waktu dekat bakal dilaunching pemanfaatannya.

Ruang yang dilengkapi sarana infrastruktur digital ini rupanya menjadi magnet atau daya tarik tersendiri bagi daerah lain. Belum diresmikan saja, sudah ada tiga daerah di Sulsel yang melihat langsung keberadaan ruang Command Center Luwu Utara ini. Yang terbaru, Pemda Kabupaten Takalar dan Pemda Kota Palopo berkunjung ke Luwu Utara secara bersamaan untuk melihat ruang Command Center Lutra, Kamis (29/11). Sebelumnya ada Pemda Sinjai.

Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar diwakili Kadis Kominfonya, Fatma, dan Pemerintah Daerah Kota Palopo diwakili Kadis Statistik dan Persandian, Reinaldi. Keduanya diterima langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, di ruang kerjanya. Bupati Luwu Utara ditemani Kepala Dinas Kominfo, Arief R. Palallo.

“Ruang Command Center ini berfungsi sebagai wadah untuk mengintegrasikan berbagai aplikasi pemerintah dan aplikasi lainnya. Tujuannya untuk mendukung program Smart City dan Smart Villlage yang telah dicanangkan secara bersamaan pada 2017 kemarin,” tutur Bupati Indah Putri Indriani.

Sementara Kadis Kominfo Takalar Fatma mengatakan, Command Center Pemda Lutra sangat minimalis, tapi kaya fungsi. “Mantap Command Centernya Luwu Utara. Minimalis tapi hebat karena Bupatinya memberikan dukungan dan support yang luar biasa. Sukses terus buat Kominfo Lutra. Semoga Takalar juga bisa,” ujar Fatma.

Fatma juga tak lupa memuji Bupati Luwu Utara. Ia mengatakan Indah Putri Indriani adalah sosok pemimpin yang cerdas, ramah, cantik dan tentunya asyik. “Bupati yang luar biasa. Selain cantik dan cerdas, juga ramah dan asyik,” katanya.

Di tempat yang sama, Kadis Kominfo Lutra Arief R. Palallo, menjelaskan bahwa Command Center, selain sebagai ruang pengendali darurat, juga berfungsi sebagai advertising visualisasi program-program pembangunan di Luwu Utara. “Command Center ini juga bisa dijadikan sebagai media atau wadah presentasi,” imbuh Arief. (**)