Gerindra Persiapkan Rusdin Tabi dan Darmawangsyah Muin Jabat Kursi Pimpinan di DPRD Sulsel

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Proses rekapitulasi suara pemilu 2019 memang masih berlangsung di 24 kabupaten/kota. Tetapi Partai Gerindra tengah mempersiapkan dua kadernya untuk mengisi jabatan sebagai wakil ketua atau ketua di DPRD Sulawesi Selatan periode 2019-2024. Yaitu Rusdin Tabi dan Darmawangsyah Muin.

Ketua Gerindra Sulawesi Selatan, Idris Manggabarani (IMB) mengatakan, dua kader ini memiliki potensi dan loyal terhadap partai. Sehingga tak ada alasan bagi partai untuk tidak memberikan jabatan unsur pimpinan di DPRD Sulsel periode ini.

“Itu sudah pasti dilakukan.Gerindra Sulsel butuh regenerasi di DPRD,”ujar IMB kepada awak media di Jalan Mappanyukki, Jumat 26 April 2019.

Diketahui, pada periode 2014-2019, jabatan Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan diamanahkan kepada Yusran Sofyan yang juga kader dari Partai Gerindra. Yusran saat ini maju lagi di pileg 2019 untuk daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Bulukumba dan Sinjai. Sedangkan Rusdin saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Sulsel. Dia juga menjabat sebagai Sekretaris Gerindra Sulsel. Sedangkan Darmawangsyah merupakan Ketua Komisi D Bidang Pembangunan DPRD Sulawesi Selatan dan juga Ketua OKK Gerindra Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut IMB menuturkan, partainya menunggu hasil real count dari KPU Sulsel. Apakah keduanya terpilih atau tidak. Tetapi berdasarkan hasil hitungan internal partainya. Kedua kader ini bakal terpilih di daerah pemilihannya masing-masing.

“Tak hanya di Sulsel, peluang Gerindra meraih kursi pimpinan terjadi pula di Kota Makassar, Parepare, Kabupaten Gowa, dan Takalar,”katanya.

Menanggapi hal ini, Ketua Fraksi Gerindra Sulsel Rusdin Tabi mengatakan, persoalan jabatan sebagai ketua dan wakil ketua di DPRD Sulsel masih terlalu dini untuk dibahas. Karena proses penghitungan masih berlangsung di tingkat kecamatan.

‘”Untuk saat ini saya fokus kawal proses penghitungan suara. Saya tak ingin komentar lebih jauh soal jabatan di DPRD Sulsel,”ucapnya.

Adapun Ketua Komisi Pembangunan DPRD Sulawesi Selatan Darmawangsyah Muin menyerahkan sepenuhnya kepada partai mengenai hal itu.

“Saya serahkan saja keputusannya ke partai apa keputusan DPD dan DPP. Kami kader tunduk dan patuh bagi kami jabatan adalah kepercayaan yang diamanahkan partai kepada kadernya yang dianggap terbaik,”jelasnya.(**)