Dewan Makassar Apresiasi Penerapan Zonasi PPDB

Diskusi publik yang digelar oleh DPRD Makassar di Hotel Tree, Jalan Pandang Raya.

Diskusi publik yang digelar oleh DPRD Makassar di Hotel Tree, Jalan Pandang Raya.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Anggota Komisi D Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan DPRD Makassar, Hamzah Hamid mengapresiasi langkah Dinas Pendidikan yang menerapkan zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Sebab transparansi penerimaan dapat diketahui semua pihak. Tidak seperti tahun sebelumnya.

“Sangat efektif penerimaan sistem PPDB ini.Karena ada sistem zonasi online, reguleelr, dan prestasi,”ujar Hamzah dalam sambutannya dalam diskusi publik dengan tema Penerapan Sistem Zonasi PPDB 2019 Terhadap sebaran lokasi sekolah yang digelar oleh DPRD Makassar di Hotel Tree, Jalan Pandang Raya, Kamis 20 Juni 2019.

Ia mengungkapkan, dengan adanya sistem ini tak ada lagi pihak-pihak yang merasa dirugikan. Karena penerimaannya dilakukan secara terbuka. Sehingga Kouta siswa mulai dari tingkat SD hingga SMP merata.

“Dulu penyebaran kouta siswa dalam satu sekolah tidak merata karena banyak pihak yang bermain. Kini sudah sulit melakukan itu. Belum lagi kadang anak cerdas tak bisa masuk. Malah anak yang dibawah rata-rata lolos,”ucapnya.

Lanjut Hamzah, sistem ini sudah berjalan sejak tiga tahun yang lalu. Setelah DPRD mendorong sistem penerimaan agar lebih maju.

“Makanya perlu diapresiasi langkah pemerintah ini dalam memajukan mutu pendidikan di negara ini khususnya di Makassar.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Makassar Abdul Rahman Bando dan Ketua Umum IGI Muhammad Ramli Rahim.