Dispora Lutra Gelar Kilas Balik Masamba Affair

LUTRA, DJOURNALIST.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Luwu Utara menggelar kegiatan Kilas Balik Masamba Affair ke-70, Selasa (29/10/2019), di sekitaran Tugu Masamba Affair. Kegiatan yang digelar masih dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini dibuka Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda), Tafsil Saleh.

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan Lintas Kilas Balik Masamba Affair yang diikuti sebanyak 201 peserta dari kalangan pemuda(i), kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih kota Masamba dan Live Musik. Sekda Tafsil berharap, kegiatan ini bisa memantik semangat juang para pemuda untuk bisa berperan dalam memajukan daerah.

“Mari kita buka kembali sejarah para pejuang Masamba Affair, bagaimana semangat mereka mempertahankan kemerdekaan, agar kita bisa berbuat sesuatu demi menghargai apa yang mereka lakukan untuk bangsa dan daerah kita ini,” kata Tafsil. Sebelumnya, Kadispora Jumail Mappile memberi apresiasi kepada panitia dan peserta.

“Di tengah minimnya anggaran, para panitia mampu melaksanakan kegiatan yang melibatkan ratusan peserta. Ini sangat luar biasa dan patut diberi apresiasi,” kata Jumail. Kegiatan ini, kata Jumail, adalah titik awal untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi ke depan. “Ada nilai yang bisa kita petik dari sini, yaitu nilai sejarah dan patriotisme,” terangnya.

Sekadar diketahui, kegiatan ini mengangkat tema “Rekonsiliasi EPOS Masamba Affair”. Tema ini diangkat karena ada keinginan merubah paradigma pemuda untuk mengingat para pejuang terdahulu. Kegiatan Kilas Balik Masamba Affair ini juga dihiasi dengan penampilan Tari Tanduk Bulawan yang diperagakan sejumlah siswi SMP Negeri 4 Masamba. (**)