Komisi E DPRD Sulsel Bersikukuh RS Regional di Kabupaten Bone Tipe C Bukan D

Dewan Perwakil Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Kesehatan, TGUPP Sulsel, Tim Ahli, dan OPD, terkait l pembangunan Rumah Sakit Regiona yang berada di Kabupaten Bone, Rabu 9 Juli 2021.

Dewan Perwakil Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Kesehatan, TGUPP Sulsel, Tim Ahli, dan OPD, terkait l pembangunan Rumah Sakit Regiona yang berada di Kabupaten Bone, Rabu 9 Juli 2021.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Dewan Perwakil Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan melakukan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Kesehatan, TGUPP Sulsel, Tim Ahli, dan OPD, terkait  pembangunan Rumah Sakit Regional yang berada di Kabupaten Bone, Rabu 9 Juli 2021.

Dimana, DPRD Sulsel mendorong pembangunan rumah sakit regioanal di Kabupaten Bone. Karena diketahui Butta Arungpalla tesebut salah satu daerah yang luas wilayahnya sangat luas.

Anggota komisi E DPRD Sulsel, Andi Muhammad Irfan AB mengungkapkan bahwa, Rumah Sakit Regional ini telah di wacanakan sejak 2019 lalu  ber tipe C. Namun, berjalannya waktu ini berubah jadi tipe D.

“Baru terungkap kalau kita kekurangan anggaran Rp 30 miliar dari Rp 110 miliar yang dianggarkan di APBD, selama ini dinas kesehatan tidak pernah sampaikan ke ke komisi E,” kata Irfan

Politisi PAN ini menyebutkan bawa, pemerintah provinsi (Pemprov) tidak pernah kekurangan anggaran bahkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2020.

Pemerintah provinsi Sulsel, memberikan bantuan keuangan ke daerah dan melanggar aturan, padahal ada program stategis tidak biayai.

“Jadi, yang kita ingikan, minimal tipe C dan kita harapkan bisa menjadi tipe B,” tutur Irfan AB.

Senada, Anggota Komisi E DPRD Sulsel, Irwandi Natsir menambahkan, salah satu program gubernur yang tertuan dalam RPJMD yakni pembangunan rumah sakit regional, apakah itu tipe C atau tipe B.

“Kita sudah sepakati saat rapat kemarin jika cuma pembangunan rumah sakit regional tanpa ada tipe-tipenya,” papar Irwa

Politisi PAN ini juga menyebutkan bahwa, rumah sakit regional bukan hanya akan dibangun di Kabupaten Bone, tapi ada juga yang direncanakan dibangun di Parepare dan Luwu.

“Kalau kekurangan nanti kita bicarakan lagi di Banggar dan kita putuskan di Bone harus ada rumah sakit regional,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari mengatakan, sekarang masih berjalan untuk tetap diteruskan pembangunannya.

“Jadi, kita akan membangun Rumah Sakit regional tipe C di Kabupaten Bone itu yang terpenting,” tegas Ichsan.

“Jadi, saya beri kesimpulan akhir bahwa, kita sepakat dan ada kemungkinan mendapatkan tambahan waktu dan ada kemungkinan penambahan anggaran,” sambungnya.

Lebih lanjut ia mengungkapakan, terkait dengan pembayaran Detail Engineering Design (DED) yang sudah dibayarkan 10 persen. Menurutnya itu milik rumah sakit tipe C.

“Kan semua tadala, yang dibayarkan itu adalah sepuluh persen tipe C ndak ada untuk tipe D. Jadi itu tipe C yang dibayarkan,”ucapnya.

Soal anggaran pembangunan Rumah Sakit Regoonal tipe C tersebut, akan memakan dana sebanyak 110 miliar.

“Jadi mengenai anggaran tidak ada sama sya, kita hanya mengusulkan teknisnya,”jelasnya.