DPRD Kaltim Sharing ke DPRD Sulsel Soal Perda Penyiaran

Anggota Komisi 1 DPRD Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja ke DPRD Sulawesi Selatan. Kunjungan kerja itu terkait sharing mengenai peraturan daerah (Perda) penyiaran yang sudah di miliki di daerah ini,Kamis 17 Juni 2021.

Anggota Komisi 1 DPRD Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja ke DPRD Sulawesi Selatan. Kunjungan kerja itu terkait sharing mengenai peraturan daerah (Perda) penyiaran yang sudah di miliki di daerah ini,Kamis 17 Juni 2021.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Anggota Komisi 1 DPRD Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja ke DPRD Sulawesi Selatan. Kunjungan kerja itu terkait sharing mengenai peraturan daerah (Perda) penyiaran yang sudah di miliki di daerah ini.

Ketua Komisi A bidang Pemerintahan DPRD Sulawesi Selatan, Selle KS Dalle mengapresiasi langkah yang dilakukan sejumlah anggota Komisi 1 DPRD Kalimantan Timur yang melakukan sharing dengan Komisi A DPRD Sulawesi Selatan.

Pasalnya, mereka datang ke tempat ini untuk mendorong ranperda penyiaran yang tengah di daerah itu.

“Merek ada wacan mendorong ranperda penyiaran. Cari reverensi dari kita. Karena kita sudah memiliki perda tersebut. Yaitu perda nomor 3 tahun 2011 tentang jaringan TV kabel,”ujar Selle kepada awak media,Kamis 17Juni 2021.

Namun demikian, lanjut Selle, seiring perkembangan zaman, perda perda tersebut perlu dilakukan revisi. Salah satu nya memastikan penyiaran 10 persen konten lokal yang harus di berikan kepada lembaga penyiaran swast atau media langganan

Salah satunya memastikan konten lokal diamanhkan 10 persen harus diberikan ruang media penyiaran swasta dan langganan.

“Harus di jaga jangan hanya kepentingan bisnis semata tapi kepentingan lokal pun harus ditampilkan,”tutur politisi dari Partai Demokrat ini.

Adapun Ketua Komisi 1 DPRD Kalimantan Timur, Jahidin mengatakan, tujuan utama ke Sulawesi Selatan adalah sharing tentang perda penyiaran yang belum dimiliki nya.

“Perlu bagi kami untuk mengadopsi perda penyiaran di Sulsel. Karena daerah ini satu-satunya di luar pulau Jawa yang sudah memiliki perda jaringan TV kabel,”beber nya.

Hal lain, karena Sulsel merupakan saudara tertua dari Kaltim. Mengapa? Karena dari 55 jumlah anggota DPRD Kaltim, 33 anggota nya berasal dari daerah ini

Turut hadir dalam kegiatan itu, diantaranya Rudy Pieter Goni dan Hery Attas. Kemudian komisioner KPID Sulsel dan Kalimantan Timur.