Azhar Arsyad Minta Kepala Daerah di Sulsel Percepat Vaksinasi

Ketua Bapemperda DPRD Sulsel,Azhar Arsyad.

Ketua Bapemperda DPRD Sulsel,Azhar Arsyad.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com  –  Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengatakan, salah satu cara yang cukup efektif untuk menekan penambahan kasus dan bertambahnya korban meninggal akibat Covid-19 adalah memasifkan vaksinasi.

Menurutnya, vaksinasi harus dilakukan dengan menyasar semua lapisan masyarakat. Gus Muhaimin mengaku mendapatkan laporan bahwa masih banyak kelompok masyarakat, terutama di kampung-kampung dan wilayah pedalaman yang belum tersentuh vaksinasi.

“Saya mendengar masih ada laporan dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara masih kesulitan mendapatkan akses vaksinasi. Saya minta agar vaksinasi terus dimasifkan dan dipercepat pengirimannya ke daerah dengan menyasar seluruh lapisan masyarakat,” kata Gus Muhaimin.

“Termasuk yang di kampung-kampung karena kasus Covid-19 juga cukup banyak terjadi di kampung-kampung,”dia menambahkan.

Lebih lanjut Gus Muhaimin mengatakan, berdasarkan pada konstisusi memiliki kewajiban untuk melindungi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

Ditambahkan, adanya laporan persyaratan adanya NIK untuk vaksin, by name by address, tersebut telah menyulitkan masyarakat adat dan kelompok rentan. Sebab, tidak sedikit masyarakat adat, kelompok disabilitas, anak-anak yang berada di panti asuhan, lansia, tunawisma, yang tidak memiliki NIK.

Kendala administrasi seperti ini jangan sampai menjadi sebab tidak berhasilnya vaksinasi nasional. Petugas di lapangan harus memahami kondisi masyarakat.

“Jika ada kasus-kasus seperti itu jangan lantas masyarakat tidak bisa mendapatkan hak untuk sehat, hak untuk terlindungi dari potensi tertular dan bahkan menjadi korban Covid-19,” terangnya.

Menurutnya, persoalan seperti NIK adalah satu kasus yang harus diselesaikan, namun vaksinasi adalah persoalan lain yang dalam situasi pandemi saat ini lebih mendesak daripada hanya persoalan administratif kependudukan.

Dirinya juga mendapatkan informasi di kampung-kampung masih banyak masyarakat yang belum divaksin karena keterbatasan suplai vaksin ke daerah. Padahal saya sudah cek langsung ke Biofarma bahwa sebenarnya stok vaksin tersedia.

“Ini harus menjadi atensi bagaimana agar distribusi vaksin ke daerah bisa lebih dipercepat lagi sehingga semua masyarakat bisa divaksin,”jelas Gus Muhaimin.

Adapun Ketua umum PKB. Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad merespon positif. Menurutnya, apa yang diaampaikan Gus Muhaimin selaku Wakil Ketua DPR RI, Bidang Korkesra melihat tren covid yang terjadi saat ini di pusat dan daerah

Oleh sebab itu, Azhar juga meminta kepala kepala daerah (Kada) di Sulsel untuk mempercepat vaksinasi. Langkah kongkret untuk memastikan hal itu, maka Pemprov dan Pemkab meastikan warganya sudah divaksin.

“Perlu memang Pemerintah daerah lakukan langkah masif, bahwa perlunya Pemprov dan Pemkab juga memastikan dan warganya sudah vaksin,” jelasnya, Kamis 29 Juli 2021.

Anggota DPRD Sulsel itu menuturkan bahwa belakangan ini kenaikan covid di Sulsel tinggi. Belum lagi kabar adanya kekurangan vaksinasi untuk masyarakat umum.

“Atas informasi ini. Sebagai Dewan Provinsi saya memintah Pemprov dan Pemda berkoordinasi untuk pemenuhan vaksin agar tersedia sesuai kebutuhan di masyarakat,” harap dia.