Renovasi Pembangunan Stadion Mattoanging Gunakan Dana APBD Bukan PEN

Anggota Komisi E DPRD Sulsel Fauzi Andi Wawo.

Anggota Komisi E DPRD Sulsel Fauzi Andi Wawo.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com  –  Renovasi pembangunan Stadion Mattoanging atau Andi Mattalatta tetap dilanjutkan. Itu terungkap dalam rapat kerja dalam rangka pembahasan ranperda tentang perubahan APBD tahun 2021 di DPRD Sulawesi Selatan, Kamis, 14 September 2021.

Anggota Komisi E bidang Kesra DPRD Sulawesi Selatan, Fauzi Andi Wawo menjelaskan, hasil rapat dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan menyebutkan, pembangunan stadion Mattoanging tetap dilanjutkan. Total anggaran yang disiapkan Rp 400 miliar pada APBD Pokok 2022 nanti.

“Kelanjutannya menggunakan APBD. Dana program pemulihan ekonomi (PEN) batal digunakan,”ujar Fauzi.

Menurut dia alasan pembatalan dana PEN senilai Rp 1,1 triliun karena dinilai tidak dapat merampungkan pembangunan stadion. Sebab masih kekurangan Rp 200 miliar.

” Dikhawatirkan akan menambah banyak proyek mangkrak di pemprov jika dipaksakan,”tutur politisi dari Fraksi PKB ini.

Lanjut Fauzi, Oktober sudah mulai dilakukan lelang pengerjaan. Lalu pada tahun 2022 mendatang sudah mulai pengerjaan fisik. “Tahap awal Rp 78 miliar,”jelasnya.

Dijelaskan, penggunaan APBD sudah ada dalam nota kesepahaman. Walaupun design yang baru dilakukan. Stadion ini kata dia merujuk standar FIFA dengan mengambil emapt sampel. Yaitu Stadion Manahan Solo, Stadion Si Jalan Harupat, Stadion Jakabaring, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.