Guru Turut Andil Dalam Perjalanan Sejarah Indonesia

Anggota Komisi E bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Sulawesi Selatan Andi Mangunsidi Massarapi

Anggota Komisi E bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Sulawesi Selatan Andi Mangunsidi Massarapi

BONE,DJOURNALIST.com – Anggota Komisi E bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Sulawesi Selatan Andi Mangunsidi Massarapi menyebut peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sangat besar dan sangat menentukan.

Hal itu disampaikan saat menggelar sosialisasi nilai-nilai kebangsaan dengan tema Hari Guru di dua titik di Kabupaten Bone. Yaitu di Desa Tana Tengnga, Kecamatan Palakka dan Desa Bacu, Kecamatan Barebbo, Sabtu 27 November 2021.

“Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat,”kata Mangun dalam keterangan tertulisnya yang diterima Djournalist.com

Anggota Fraksi dari Partai Gerindra itu mengatakan pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

“Sebagai penghormatan kepada guru, Pemerintah Republik Indonesia melalui keputusan nomor 78 Tahun 1994, Menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional.

Adapun Dosen IAIN Bone yang juga Mantan Ketua KPU Bone Aksi Hamzah menambahkan untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati hari Guru Nasional tahun 2021.