58 Peserta Ramaikan Lomba Kitab Kuning PKS Sulsel

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPR RI kembali menyelenggarakan lomba baca kitab kuning tingkat nasional 2021. Untuk tahap seleksi di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, acara yang diselenggarakan dalaam rangka Milad ke-17 Fraksi PKS DPR RI sekaligus peringatan Hari Santri Nasional yang, diselenggarakan di Kantor DPW PKS Sulawesi Selatan.

“Jumlah peserta tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu hanya 40 peserta, tahun ini sampai 58 peserta dari 11 sekolah dan pesantren di Sulawesi Selatan,” ujar Ketua Panitia Andi Hadi Ibrahim Baso. “Tahun ini juga, jumlah sekolah dan pesantren bertambah, sehingga peserta semakin beragam,” tambah Ketua BPU DPW PKS Sulsel ini.

Asal peserta tahun ini tidak hanya didominasi dari utusan pondok pesantren melainkan juga dari Sekolah Islam Terpadu, rumah tahfidz, dan Madrasah Aliyah. SMAIT Al Biruni, SMA Darul Abrar, MAN 3-MANPK Makassar, MA Na Nashar Makassar, dan Rumah Tahfidz dan Tilawah adalah utusan dari luar pondok pesantren. Dari pondok pesantren ada utusan Ponpes DDI Mangkoso-Barru, Ponpes As’adiyah Sengkang, Ponpes DDI Mattoanging Bantaeng, dan Ponpes MultidimensiPonpes Darul Istiqamah Maros. Selain itu utusan perguruan tinggi ada dari STIBA Makassar.

Kitab yang dibaca di lomba ini adalah Kitab Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malbary. Peserta akan memperebutkan tiga posisi, yakni pemenang I akan mendapat hadiah 3,5 juta, pemenang II (2,5 juta), dan pemenang III (1,5 juta). Selain itu, pemenang pertama akan menjadi delegasi Sulsel ke tingkat nasional di Jakarta, untuk memperebutkan hadiah utama umrah atau uang tunai Rp 30 juta.

Sementara itu, panitia mendatangkan dewan juri professional Drs. K.H. Jalaluddin Sanusi selaku Dewan Pertimbangan MUI Makassar dan K.H. Muchlis Bakri Lc. sebagai Ketua Ikadi Sulsel.