Setelah NasDem Tinjau Jalan Rusak di Antang Raya, Pemprov Sulsel Ikut Bergerak

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Warga menjerit karena kondisi Jalan Antang Raya, Makassar, Sulsel, rusak penuh lubang dan genangan air. Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse (RMS) pun menjawab dengan mengintruksikan kepada kader di Makassar khusus anggota Fraksi NasDem untuk ‘gotong royong’ turun memperbaiki.

Tak menunggu lama, kader khususnya Fraksi NasDem Makassar, pada Senin 30 Mei 2022, siang tadi pun langsung turun ke lokasi meninjau langsung.

Mereka yang turun adalah Ketua DPD NasDem Makassar Rachmatika Dewi alias Cicu, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo, dan anggota Fraksi lainnya yakni, Ari Ashari Ilham, Supratman, dan Mario David.

Ketua DPD NasDem Makassar Rachmatika Dewi alias Cicu, mengungkapkan, kondisi jalan Antang Raya beberapa bulan terakhir memang menjadi buah bibir masyarakat.

“Jadi berdasarkan hasil rapat yang diinisiasi langsung oleh Kakak Ketua Rusdi Masse (RMS), kami akan turun perbaiki jalan di Antang Raya ini,” kata Cicu.

“Tadi kami bersama Fraksi NasDem Makassar sudah tinjau langsung dan lakukan pengukuran,” tambah Cicu didampingi Rudianto Lallo dan Ari Ashari Ilham.

Dari hasil pengukuran, ternyata panjang jalan yang rusak parah yakni 150 meter dengan lebar 8 meter.

Hal yang sama diungkapkan, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo. Wakil Ketua DPW NasDem Sulsel ini mengungkapkan, perbaikan jalan di Antang Raya belum difinalkan. Hasil dari peninjauan ini kemudian akan dirapatkan kembali.

“Mengenai jalan Antang Raya ini segera dicarikan jalan keluarnya. Kami dari Partai NasDem sudah lihat dan langsung ukur,” terangnya.

Kedatangan dari Partai NasDem Makassar ke lokasi jalan Antang Raya yang rusak parah mendapat respon positif dari warga. “Semoga bapak dan ibu cepat beri solusi. Jualan kami sudah sangat sepi. Pas hujan air masuk ke tempat kami,” kata seorang penjual buah di sekitar lokasi.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan kabar baik untuk warga Kota Makassar. Tahun 2022 ini, akan segera dilakukan penanganan rekonstruksi pada ruas Jalan Antang.

Hal itu diakui oleh Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas. Ia mengaku, bahwa penanganan tahun ini setelah dilakukan pembahasan lebih lanjut oleh pihak lainnya.

“ Insya Allah, segera tahun ini kita akan tangani rekonstruksi ruas jalan Antang yang rusak berat. Tentunya hal ini tidak lepas dari arahan langsung bapak Gubernur Sulsel (Andi Sudirman Sulaiman),” katanya.

Selain rekonstruksi jalan, akan dilakukan perbaikan sistem drainase di sekitar jalan Antang.

“Sementara akan segera dilakukan DED, kemudian akan lelang untuk penanganan fisiknya,”. ungkapnya.

DItambahkan Kepala BKAD Sulsel, Muh. Rasyid mengatakan, bahwa dalam penanganan ruas jalan Antang ini menggunakan APBD tahun anggaran 2022.

Menurutnya, penanganan jalan Antang ini termasuk kategori keperluan mendesak, setelah melalui beberapa tahapan verifikasi terhadap pemenuhan unsur kelayakan secara administratif. Dimana hal itu sesuai dengan aturan Pasal 69 PP 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Jalan ini sudah sangat rusak berat, jalannya turun. Sering terjad kecelakaan. Selain itu, jalannya mengganggu aktivitas masyarakat sehingga sering terjadi kemacetan,” jelasnya.