Syaharuddin Alrif Pantau Pabrik Porang di KabupatenTakalar

TAKALAR,DJOURNALIST.com  –  Usaha porang bergairah setelah keran ekspor porang dari Indonesia menuju Cina akhirnya dibuka kembali.

Salah satu parbrik porang yang mendapat izin ekspor general Administration Of Customs Cina, PT Insan Agro Sejahtera yang terletak di Kabupaten Takalar mulai membenahi pabriknya untuk melakukan ekspor.

Pabrik porang yang berada di Dusun Panjo’jo, Desa Lassang Barat, Kecamatan Polongbangkeng Utara, telah dikunjungi oleh Ketua Umum Persatuan Eksportir dan Pengusaha Perkebunan Porang Indonesia, Syaharuddin Alrif bersama dengan Wakil Bupati Takalar, Achmad Dg Serre. Selain itu hadir juga anggota DPRD Takalar, Fadel Achmad, Ahad 3 Juli 2022.

Syaharuddin Alrif memang sangat  aktif mendorong budidaya dan mengembangkan tanaman Porang di Sulawesi Selatan. Ia juga pada 2020 lalu, mendapat penghargaan dari Kementan RI sebagai petani porang inspiratif 2020. 

“Saya tadi berkunjung di Pabrik Porang PT Insan Agro Sejahtera,  melihat persiapan produksinya. Dia sudah benahi pabriknya kembali dan  bahan baku porang sudah mulai masuk,” kata Syahar.

Syahar mengajak bagi petani porang yang ada di Sulawesi Selatan khususnya wilayah Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng dapat membawa porang ke pabrik tersebut.

“Pabrik ini sangat canggih, dapat memproduksi pengolahan porang hingga 50 ton perhari, bagi para petani porang silahkan membawa porang di tempat ini. Bagi para petani ayo tanam porang,”tutur Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan ini.

Pemilik PT Insan Agro Sejahtera, Lukman Hakim mengatakan bahwa pabriknya dalam satu hingga dua hari kedepan sudah kembali beroperasi dan segera melalukan ekspor.

“Bahan baku porang dari petani juga sudah masuk, kita segera ekspor. Porang adalah tanaman liar yang dikembangkan secara budidaya dan Sulawesi Selatan salah satu provinsi penghasil umbi porang terbesar di Indonesia,”ucapnya.

Dibukanya kembali ekspor jenis umbi umbian itu, menurut  Lukman Hakim harga porang mulai beransur naik. Dari harga Rp.2.500 kini naik menjadi Rp.3.500 per-kilo porang basah.

“Naik terus sekarang harga porang Rp.3.500 semoga kembali normal ke harga semula seiring dibukanya ekspor porang ini akan meningkat taraf hidup petani porang,” harap Lukman.

Diketahui, dari sembilan pabrik porang di Indonesia yang mendapat izin ekspor general Administration Of Customs Cina PT Insan Agro Sejahtera adalah salah satunya.