Serapan Anggaran Masih Minim, Komisi B Dewan Sulsel Gelar Rapat dengan Dinas Tanaman Pangan

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Komisi B bidang Ekonomi DPRD Sulawesi Selatan menggelar rapat dengan dinas tanaman pangan,hortikultura, dan perkebunan terkait proses pemgadaan kegiatan fisik pada bidang sarana dan prasarana pertanian, Rabu 21 September 2022.

Ketua Komisi B DPRD Sulawesi Selatan, Firmina Tallulembang menyoroti minimnga serapan anggaran di dinas tersebut. Pasalnya, dari 700 paket yang didorong ke pengadaan barang dan jasa, yang terealisasi baru mencapai 46 paket.

“Serapan anggaran masih minim sekali dari 700 paket yang di dorong ke barjas baru 46 paket dari 700 paket nilainya Rp 200 miliar,”ujar Firmina kepada awak media.

“Jadi kita adakan rapat hari ini bagaimana mempercepat serapan anggaran berjalan. Dan kesepakatan tadi dinas terkait dan barjas buat kesepakatan sudah ada item secepatnya akan buat tim terpadu. Dan mereka yakin 100 persen kegiatan fisik akan berjalan seperti jalan tani dan irigasi. Jadi bisa kebayang karena kalau tanggal 15 Oktober tidak terkontrak ini pekerjaan makan akan menyebrang pembayaran tahun depan, ini yang kita tidak kehendaki karena kita tidak mau ada utang sesuai dengan janji gubernur,”sambungnya.

Sedangkan, anggota Komisi B, Jufri Sambara menyampaikan, kurangnya komunikasi barang dan jasa dan dinas pertanian sehingga lambat mendorong kegiatan untuk direview mestinya perencanaan ini sudah selesai bulan April dan bulan Juni sudah di dorong kegiatan ini dengan syarat regulasi direview baramg dan jasa.

“Dalam rapat tadi sudah disepakati harus mengacu pada PP 12 tahu 2021 tentang barang dan jasa baik tehnis maupun kualifikasi nya,”ucapnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut diantaranya Firmina Tallulembang, Andi Putra Batara Lantara, Syahrir, dan Wahyuddin M.Nur, TGUPP, kepala dinas tanaman pangan, dan kepala biro barang dan jasa.